2nd Times Visiting Borobudur Temple

15.06

Jadiiii, ini adalah kali ketiganya mengunjungi Jogja. Pertama berkunjung ke Jogja waktu masih duduk di bangku sekolah dulu banget, kedua waktu kuliah (2014 akhir pas natalan kayaknya), ketiga waktu kemarin mau resign dari tempat kerja. Kunjungan ke Jogja kali ini lebih seruuuu. Kenapa seru? Ya karena gratissss all-in. Rejeki anak yang berusaha jadi anak soleh, ke Jogja dibayarin sama kantor lama kemarin. Tiket kereta PP, makan, guest house, rent car, atraksi-atraksi disana juga dibayarin loh sama pak bos! Semoga pak bos di kantor lama rejekinya makin banyak. Eh diaminin dulu dong.

Berangkat dari Stasiun Malang Kota Baru tanggal 28 September malem, sekitar jam 8 malem. Kita berangkat dari Malang berlima karena pak bos udah pergi duluan ke Jogja pas kamis paginya. Oh ya, dalam rangka apa ke Jogja-nya? Jadi si pak bos awalnya mau nonton konser Dream Theater di Jogja, nah si istrinya pun pengen ikut, pas seminggu sebelum hari H pak bos berangkat, diajaklah kita berempat (pegawainya) buat ke Jogja sekalian. Btw, kok udah capek ya nulis intronya duluan.

Lanjut. Sampe di Stasiun Tugu sekitar jam 3.45 pagi. Sampai sana kita berlima udah ditungguin sama pak bos sekalian sama mobil rentalannya juga. Setelah naik ke mobil, muter-muter bentar cari toilet kemudian pas banget jam 5 kurang kita udah sampai di Tugu Jogja. Kita foto-foto disitu pas lagi sepi banget karena masih subuh, background foto juga oke kok, pas matahari terbit.
04.45 AM
Setelah puas foto-foto bentar, langsung diajakin pak bos bertolak ke Candi Borobudur. Ini kali keduanya mengunjungi Borobudur. Tiket nggak perlu bingung, karena kita dibayarin sama pak bos. Kita-kita mah cuma modal senyam-senyum sama ketawa doang. Perjalanan dari Jogja ke Borobudur memakan waktu sekitar 1,5 jam. Tepat 6.30 kita udah sampe di parkiran Candi Borobudur. Nggak banyak yang berubah dari waktu dikunjungi pas tahun 2008 lalu, paling berubah cuma fasilitas-fasilitas umum seperti toilet, loket tiket, dan lain-lain. Tapi seriously, lebih bersih loh! Tiket masuk ke Candi Borobudur kalau nggak salah 40.000.
joglo ala-ala
Pas udah dateng, sepi banget. Recommended banget buat mengunjungi Borobudur pas pagi-pagi banget gini. Selain masih sepi, turis-turis juga banyak, kalian bakalan bisa bebas ambil gambar tanpa banyak gangguan manusia-manusia narsis yang kadang sampe kelewat narsis. Oh ya, beberapa turis dari Tiongkok lebih seneng berkunjung waktu pagi hari, karena mereka bisa sekalian ibadah dan yoga di Candinya. Iya tepat di tingkat ketiga setelah dari tingkat tertinggi (karena lupa Borobudur ini tingkatnya ada berapa).
masih sepi banget

terik
Hampir jam 9 pagi udah mulai ramai pengunjung domestik yang datang. Karena udah bosen muterin sampai tingkat atas, pak bos ngajakin kita turun dan langsung ke parkiran aja, karena juga udah pada laper semua. Setelah turun dari candi arah ke parkiran, jalan kakinya jauh bangeeett, alur ngikutin petunjuk arahnya, masih disuruh muter-muter di pasarnya. Serius, kaki udah pegel banget ditambah perut udah mulai rewel. Setelah sampai di mobil yang kita naikin tadi, kita langsung cari sarapan di rumah makan sekitaran situ.