A Secret Colonial's Place, House of Sampoerna, Surabaya

10.13

Jadi ceritanya beberapa minggu lalu habis solo traveling. Ini kedua kalinya solo traveling. Ya nggak jauh-jauh amat sih, cuma ke kota sebelah haha. Saya lebih suka solo traveling pakai kereta. Selain akses stasiunnya lebih deket dari rumah, naik kereta lebih murah aja. Budget saya nggak cukup kalau harus pergi ke luar kota pakai kereta bisnis hahaha. Jadiiiii, kemarin itu lagi kangen banget sama temen kuliah dulu yang udah lulus duluan. Karena nggak mungkin juga Ratri main ke Malang lagi, yaudah nggak mikir panjang langsung chat Ratri bilang kalau mau kesana minggu depannya. Kok jadi lama gini sih nulis intronya -_-


Pas ke Surabaya kemarin emang sengaja banget pengen strolling around buat liat-liat heritage nya Surabaya. Planning berangkat jam 7 pagi terus bisa ke HOS, Kenjeran, dan ke. Kemana ya. Lupa abisnya nggak jadi. Dasarnya wanita emang rempong banget, akhirnya baru berangkat jam 9 pagi dari sidoarjo naik motor berdua sama Ratri ke Surabaya. Sampai di sekitar jl. Darmo baru inget kalo stnknya ketinggalan, jadilah kita balik lagi ke sidoarjo buat ambil stnk ajaaaaaaaaaa!! (a nya nggak nyantai). Abis dari sidoarjo otw ke surabaya, akhirnya kita mutusin buat ke House of Sampoerna aja, nggak usah  ke Kenjeran. Kasian ratrinya nyetir motor udah jauh banget sda-sby-sda-sby-sda. Pas di jalan udah sok-sokan planning pengen naik bis heritage nya, padahal mah sampe di House of Sampoerna nya udah pas dzuhur, jadinya nggak kebagian bis heritage nya karena udah full booking.

Jadi House of Sampoerna itu semacam museum gitu. Museum rokok sampoe*na gitu. Koleksinya masih lengkap banget mulai jaman pertamaaa dulu sampe sekarang. Nuansa kolonial belandanya juga masih kerasa banget begitu masuk area parkir. Cuman bedanya disini meskipun masih nuansa kolonial, tapi tanaman lanskapnya macem-macem jadi masih nyambung sama indonesia yang tropis ini. Lah mbahas opo kok jadi gak nyambung wkwk
suarabaya panas tapi tetep asri karena ada kamu...... pohon
disambut sama cafe yang ada di depan pintu masuk
House of Sampoerna
ini bangunan House of Sampoerna nya
pas udah masuk di dalem House of Sampoerna nya
serem amat yak?
 
 
toilet yang artsy :p
cover korek api mulai jaman bahula
 
 
  
 naik ke lantai 2 disuguhkan sama beberapa spot souvenir buat dijual ke wisatawan buat yang mau cari oleh-oleh, kayak kaos, gelas, merchandise, batik, dll. ohya, dari lantai 2 kita bisa lihat pekerja pabrik lagi kerja bungkusin lintingan rokok. sayang waktu itu saya kesana pas hari minggu jadinya pabrik lagi nggak beroperasi, dan nggak boleh ambil gambar. jadi cuma foto beberapa aja yang ada di lantai 2.
 
setelah puas keliling di bangunan utamanya kita lanjut ke bangunan yang lain, nggak kalah bagus kok. mungkin lebih tepatnya semacam buat gallery seni karena banyak lukisan-lukisan dari beberapa seniman yang emang sengaja dipajang disitu. 
can you see the details of art?
Ratri
saran saya sih kalau pengen berkunjung kesini mending pas week-days aja. karena kalau pas weekend kesini pasti rame banget dan nggak kebagian slot buat naik bis surabaya heritage. atau kalau nggak mending dateng pas pagi-pagi aja, jadi masih sepi. mau foto juga bebas pasti nggak ada yang liatin. untuk masuk ke HOuse of Sampoerna ini nggak dikenakan biaya masuk kok, jadi free! nggak ada biaya parkir juga. House of Sampoerna buka tiap hari sampe sore. jadi, selamat weekend ya!


You Might Also Like

0 comments

Subscribe