DAY 1, Putrajaya - Kuala Lumpur (Join Studio)

18.42

setelah sampai di bandara KLIA2 Kuala Lumpur, kita udah dijemput sama 2 bus dari travel yang udah di booking sama dosen-dosen jauh hari. btw pas udah naik bis, Jaya langsung panik. why? Jaya lupa naruh tasnya di mana dan dititipin sama siapa -_- setelah udah dicari-cari eh terrnyata ketemu tas nya ada di bis satunya lagi.
setelah lengkap semua orang dan bawannya, langsung kita langsung digiring menuju ke Putrajaya. kata mbak mbak guide travel yang pas perkenalan doi minta dipanggil kak Rus. Putrajaya sendiri adalah pusat wilayah pemerintahan yang ada di Malaysia yang dulu asalnya dari Kuala Lumpur yang kemudian pindah di Putrajaya. kak Rus bilang, Putrajaya juga kawasan yang paling aman. sejauh ini.sampenya masuk wilayah Putrajaya, bus yang kita naikin langsung melipir di jembatan Putrajaya buat foto narsis.
FYI, kak Rus ternyata orang asli Indonesia tapi kak Rus lagi ambil master S2 di negeri Jiran ini.

foto dulu di jembatan Putrajaya
setelah kelar ambil foto, kita naik bis lagi, liat-liat gedung pemerintahannya yang gede-tinggi-seperti negeri dongeng-khayal-tapi ini beneran. spot berhenti pertama kita yaitu ke Masjid Besi yang nama lainnya Masjid Tuanku Miza-lupa-lanjutannya wkwk. setibanya di Mesjid Besi kita udah laper bangettt nget, secara kita terakhir makan kemarin malem pas masih lagi diiii Indonesia Malang wkwk. paginya cuman makan roti hasil ngutang ke Elis doang di pesawat.

abis cukup muter-muter di kawasan Putrajaya, kemudian kita digiring lagi naik bis buat ketemu sama dosen dari kampus UPM Malaysia dan temen-temen dari kampus UPM. meeting point kita gak tau nama tempatnya apa yang jelas di pinggir danau buat ngeliatin angsa berenang. 2 bis dari kita dibagi jadi dua tim, tim yang angkatan kita (2012) diajak survey dan studi kasus di Masjid Besi, terus tim yang satunya lagi buat survey tapak PA6 yang ada di pinggir danau berangsa.
di Masjid Besi ini kita diajak muter-muter, capek dan laper banget, asli. ternyata kita masih harus naik entah ke lantai berapa buat menuju ke altar masjidnya. ya sampe atas kita langsung spechless. arsitektural masjidnya keren bangettt, beneran besi-besi dari kolomnya, strukturnya, secondary skinnya, sampe semuanya serba warna metalik warna besi lah.

interior Masjid Besi / Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin
di pinggir kanan kiri masjid, ada infinity poolnya. jembatan Putrajaya juga keliatan dari sini, ditambah lagi bayangan yang tercermin di air dari kolam infinity pool ini. pokoknya penghawaan di bangunan mesjid ini bener-bener dipikirin banget lah.
sayangnya dari banyaknya gedung pemerintahan dan luasnya wilayah, jumlah shaf dari jamaah sholat dhuhur cuma dikit banget, kira-kira kurang dari 10 shaf. kan sayang banget kalo masjid segede ini jamaahnya cuma dikit :(
baru masuk udah cekrek, ganteng dikit cekrek, cantik dikit cekrek. biar eksis
view dari lantai paling atas Mesjid Besi
abis puas dan bosen di Masjid Besi, kita digiring lagi naik bis buat ke Masjid Putrajaya. masih di wilayah yang sama, Masjid yang warna krem setengah pink ini gede banget. turun bis langsung diajak kak Rus naik eskalator yang letaknya di samping masjid. ternyata kita diajak ke foodcourt. liat-liat harga makanan yang ada di stand-stand, harganya cukup terjangkau. dan begonya lagi, udah laper, diajak ke foodcourt, dan gak bawa duit -_-
ini Masjid Putrajaya
disitu kita foto-foto di area sekktar foodcourtnya yang pinggirnya danau, dari situ masih bisa keliatan Masjid Besi yang tadi, jembatan Putrajaya, dan pemukiman yang ada di seberang danau. setelah capek foto-foto eh langsung dari pihak travel bawain makanan. alhamdu?lillaaaahhh.... akhirnya kita makan!
kurang kenyang kalau untuk ukuran dua kali makan (sarapan+makan siang). abis makan kita naik lagi ke atas, foto-foto lagi, terus naik bis lagi -_-
jembatan Putrajaya masih keliatan dari Masjid Putrajaya
angakatan 2012 (yang ikut) sama dosen dari kampus, dosen UPM, dan kak Rus
oiya, Masjid Putrajaya ini deketan banget sama kantor Perdana Menteri Malaysia. depan kantornya sepi banget, jadi rekomen buat ambil foto, arsitektural bangunannya juga unik, berasa kayak bangunan negeri dongeng di Moscow, padahal juga gak pernah ke Moscow wqwq.

kita diajak ke Taman Botaniyang pas udah sampe sana ternyata biasa aja. isinya tanaman-tanaman yang sama aja kayak di indo dan danau lagi hmmm. FYI, di kawasan Putrajaya ini banyak danau buatan yang sampe sekarang masih nggak paham fungsinya buat apa. kalo danau yang di Masjid Putrajaya itu btw bisa nyambung sampe jembatan Putrajaya-Masjid Besi, dan gak tau endingnya danau dimana. tapi ini beneran lho.
Taman Botani ini termasuk kecil kalau untuk seukuran seperti kebun raya, soalnya kurang luas dan jenis vegetasinya kurang banyak. di Taman Botani ini juga ada satu area yang namanya Astaka Morocco. jadi masih bingung juga ini fungsinya buat apa wkwk, tapi ukiran dinding yang ada di Astaka Morocco ini khas banget kayak ukiran-ukiran Maroko. mungkin kayak mini nya Maroko kali ya?
di dalem Astaka Morocco banyak kolam lucu-lucu
dalemnya berasa kayak di Maroko beneran
nggak terlalu excited pas di Taman Botani ini, soalnya ya ga ada yang menarik. abis dari Taman Botani kita kemana? ternyata ke Masjid Besi lagi. demi apa udah capek banget, badan udah pliket semua pengen mandi karena diingat mandi terakhir waktu masih di Malang hahaha.
ternyata kita ke Masjid Besi lagi karena ternyata anak-anak angkatan 2013 belum kesana, jadi biar adil semua biar tau Masjid Besi. geje banget kita yang 2012 disana, bingung mau ngapain, udah capek banget, ditambah lagi suhu di Putrajaya waktu itu panas banget.
rooftop di Masjid Besi fungsional banget, dipake buat skybridge menghubungkan ke bangunan lain
setelah dari Masjid Besi yang kedua kalinya, alhamdulillah kita langsung cus ke Kuala Lumpur buat check in hotelnya. sampe di Kuala Lumpur waktu itu macet banget, secara kita barengan sama jam pulang kantor. jadi ya macet, crowded, ngantuk, bau basin, dll.
kita nginep di City Campus Lodge yang ada di Jalan Pudu, KL. langsung semua kumpul di resepsionis, ngumpulin paspor masing-masing buat dibagiin kunci kamar hotelnya. kita sekamar ada 2 orang, jadi lumayanlah nggak di kamar dorminory.
sampenya di kamar, kita leyeh-leyeh, mandi, sholat magrib, dll. malemnya keluar sama Maya buat nyari makan malem. muter-muter keluar hotel buat cari makan, sempet mampir ke Sevel depan hotel tapi lagi rame banget dan nggak ada yang cocok di lidah dan hati. akhirnya keluar Sevel, terpaksa makan di tempat makan India yang dijamin halalnya, karena kalo mau makanan halal disini pasti tempat makan India. abis makan dan kurang kenyang, kita balik ke hotel dan tidur. selamat malam.