Fisrt time berkunjung ke negeri tetangga (MALAYSIA)

15.45

Alhamdulillah salah satu wishlist di life goals saya akhirnya ada yang terwujud juga. Akhir Februari lalu, pas banget tanggal 29 saya bisa pergi overseas. Ya gak nyangka, ya terharu, kayak mimpi bisa pergi overseas dan punya passport hahaha. Kadang suka iri sama ibu, yang tiap satu tahun bisa overseas ke negara-negara yang berbeda. Kali ini saya dikasih kesempatan sama Allah buat berkunjung ke negara tetangga, Malaysia dan Singapore. Saya bersyukur banget walaupun masih mengunjungi negara tetangga, setidaknya saya punya foto-foto kece di negara tetangga hahaha. Abaikan. Nggak, saya bersyukur banget bisa overseas.

Kunjungan saya kesini dalam rangka acara yang diselenggarakan di jurusan saya. Jadi kampus atau jurusan saya ngadain join studio sama UPM (Universiti Putra Malaysia) semacam exchange tapi bukan exchange, tapi juga buka excursion juga. nah loh bingung kan?
Kayaknya langsung skip aja kali ya, soalnya kalo nanti dijelasin join studio gimana ntar malah ga jadi cerita saya hahaha.

Jadi setelah ribet beberapa minggu sebelum keberangkatan, ngurusin paspor dan tetek bengek sendirian, akhirnya berangkatlah saya beserta rombongan beberapa teman-teman angkatan saya, kebetulan rombongan keberangkatan dibagi menjadi 4 rombongan yang beda-beda jam keberangkatannya, dan rombongan saya adalah rombongan yang terakhir. Saya dan rombongan berangkat dari Malang menuju Bandara Juanda sekitar pukul 12.30 dini hari, kita sepakat sewa travel dari temannya Bima, sekitar 75ribuan per orang. Lumayan murah dibandingkan dengan harga travel individu yang masih sekitar 90ribuan. Sampai di Bandara Juanda Terminal 2 masih pagi bangettttt, sekitar jam 03.00 pagi sedangkan pesawat take off masih pukul 05.50, masih banyak waktu buat leha-leha di bandara. Lumayanlah foto-foto dokumentasi, maklum sebagian dari ada kami ada yang baru pertama naik pesawat, termasuk saya hahaha. Duh ndeso banget ya saya sudah umur segini baru sekarang naik pesawat
si Maya masih ngantuk muka bantal
suasana di Bandara Juanda Terminal 2

bawaan sebagian teman-teman. udah kayak mau minggat aja
Ucup minta difotoin sebelum take off
Setelah nuker tiket online, kita langsung naik eskalator ke lantai dua untuk melewati hal yang menyeramkan ketika akan naik pesawat. Yap, melewati bagian imigrasi. Bukan hal yang mudah pas harus berhadapan dengan orang-orang imigrasi *halah. Karena banyak barang-barang punya temen saya yang harus disita oleh pihak imigrasi karena jumlah bawaan cairan yang melebihi ketentuan, kan sayang banget sabun muka, handbody, parfum, dll disita :(. Setelah melewati bagian imigrasi yang ribet, baru kita sholat subuh,dan bersih bersih. Setelah melewati proses imigrasi super ketat, barulah kita langsung menuju bis yang disediakan buat menuju ke pesawat. Pas udah duduk di dalem peswat, dalam hati ada rasa excited sekaligus syukur banget akhirnya keturutan juga naik pesawat. Halah ndeso kamu Sa! Sepanjang perjalanan rasanya saya pengen nangis terharu, saya ucap syukur di dalam hari gak berhenti-berhenti. Agak lebay memang, tapi memang saya orangnya gampang banget terharu.
fajar sebelum take off
bisa lihat awan
jangan lupa selfie. btw saya yang pake jilbab mustard
dataran Malaysia sebelum landing
Setelah 2,5 jam perjalanan di atas awan, akhirnya sampai juga di KLIA Terminal 2. Excited banget pas pertama lihat arsitektur di KLIA Airport, kagum banget, desain arsitekturnya futuristik banget. Tetep ga lupa dong buat selfie hahaha.
KLIA Kuala Lumpur International Airport Terminal 2

pada ngantri pipis di kamar mandi
wajah sumringah terbayarkan sudah, melupakan deadline di kampus
antri imigrasi di Malaysia
Setelah melewati bagian imigrasi Malaysia yang tidak seketat seperti di Juanda, ternyata udah ditungguin sama rombongan yang udah tiba duluan disini mulai kemarin, tidak lupa dijemput sama pihak travel yang bakal mendampingi kita waktu di Malaysia. Habis dari airport kita langsung masuk bis dan siap diantar ke Putrajaya, karena ternyata rombongan bakal ketemu sama dosen dan pihak UPM pas di Putrajaya.
yang paling belakang Mas Wira, suka bawain barang bawaannya anak-anak

Btw sampai disini dulu nulisnya, perjalanan pas di Putrajaya, UPM, Kuala Lumpur, dan Singapore bakal di update di postingan selanjutnya. Capek nyecroll foto satu-satu. Ya jomblo memang biasanya gampang capek kok (red: jomblo manja). Saya motretnya sebagain pake kamera kamera handphone saya, sebagian lagi pake kamera pocket. Kalo yang burem parah banyak noisenya pake handphone saya. Maafin handphone saya belum berbelas-belas megapixel huhu *kode minta handphone baru*. Ya sudah segini dulu ya, see you di next post!