Bertemu Orang Baik

15.41

Saya selalu percaya bahwa dimana pun pasti ada orang baik, entah sebaik apapun itu saya selalu yakin. Ya emang sih, di dunia ini nggak semuanya diisi dengan orang-orang baik saja, ada sih orang ya nggak baik. Tapi percayalah, seburuk-buruknya orang, sejahat-jahatnya orang, mereka selalu punya sisi baik yang mungkin orang lain belum tau. Ya emang juga sih, banyak juga orang baik yang nggak 'pure' bener-bener baik atau baik karena punya maksud lain.

Banyak contoh di kehidupan sehari-hari ketemu orang baik sama kita tapi ternyata dia emang pengen nusuk dari belakang, atau emang cari muka, atau emang beneran baik yang tulus. Tapi yauda segimana pun model baiknya mereka, saya belum pernah menganggap mereka orang yang jahat, mereka adalah orang baik.

Well, di perjalanan trip 6 hari kemarin, saya banyaakkkk banget ketemu sama orang-orang baik. Itu adalah rejeki menurut saya. Banyak orang-orang yang sangat helpfull, ramah, murah senyum, nyambung diajak ngobrol, bahkan saya ketemu orang baik yang dengan ikhlas nraktir makan sampai ada pula yang nganterin pulang ke hostel pake taksi. Alhamdulillah. Waktu trip kemarin, baru sempet tidur sekitar jam 12 - jam 1 malam. Sebelum memejamkan mata, saya selalu refleksi, memutar balik apa saja yang terjadi hari ini, bertemu siapa saja, ada kejadian apa. Saya ingat betul setiap kejadian dan setiap orang-orang baik yang saya temui ketika di jalan.

Dari kecil, ibu selalu ngajarin ke anak-anaknya kalau berbuat baik ke semua orang itu harus. Kalaupun misal nggak mampu ngasih apa-apa, seenggaknya berbuat baik dengan senyum ke orang lain itu udah termasuk ibadah. Nggak menyangka sama sekali kalau saya ditemukan dengan orang-orang baik kemarin. Mungkin kalau nggak ketemu mereka , saya bisa nyasar. Mungkin kalau nggak ketemu mereka, saya bisa aja salah masukin toker LRT di Kuala Lumpur. Mungkin kalau nggak ada mereka, saya bisa aja salah arah keluar lewat exit yang salah. Mungkin kalau nggak ada mereka,  saya juga bakal ngegeret koper ini lurus terus ngikutin feeling. Mungkin kalau nggak ada mereka, saya jadi nggak punya kenalan baru, nggak ketemu orang baru. Bahkan mungkin kalau nggak ada mereka, mungkin trip saya kemarin bakal ya gitu-gitu aja.

Orang-orang baik yang saya temui selama perjalanan kemarin adalah;
1. Mas-mas di stasiun Cyberjaya yang  keburu-buru berangkat kerja tapi masih sempetnya ngarahin  kita supaya gate exit bisa kebuka
2. Mas-mas yang punya warung masakan timur tengah yang ramah banget waktu saya mau beli makan, bapak-bapak di warung ini juga yang nyuruh ngecas hp yang waktu itu udah lowbat banget. Setelah selesai makan dan bayar, mas-mas berparas ganteng tadi nganterin kita sampe ke depan warung sambil nunjukin jalan
3. Bapak-bapak india petugas penitipan koper  di KL Sentral yang ramah banget, dan mau nungguin mbuletnya kita waktu lagi ngumpulin uang buat dimasukin ke lubang macam koin gitu. Ada kali hampir 10 menit kita masih ribet rundingan tapi bapaknya masih it's okay dan tetep ramah
4. Nenek melayu di Mesjid Jamek yang ngasih tau tempat wudhu wanita
5. Mas-mas 7-11 di sekitaran Mesjid Jamek yang ngasih tau arah Dataran Merdeka
6. Bapak-bapak petugas berwajah melayu di Terminal Bersepadu Selatan yang murah senyum dan gak jutek waktu kita kecepetan pas mau check in bus
7. Mas-mas Vietanmese yang tempat duduknya sebelahan sama kita, dia ramah banget karena kita juga sama-sama bingungnya waktu ngisi form imigrasi, dan sama-sama ngeluhnya waktu bus yang kita tumpangin jalannya ugal-ugalan, dan waktu kita turun dia sempet ngomong "Have a nice holiday" untuk kate perpisahan sama kita :"
8. Mbak-mbak dan mas se-geng dari Jakarta yang se-bis tapi baru ngobrol pas udah pada turun padahal di bis kita duduknya depan belakang, ngajak ngobrol kita yang karena mereka kebingungan juga cari wifi dan MRT
9. Mas resepsionis hostel yang baik pol. Duh udah gak tau lagi mendeskripsikan baiknya mas ini kayak gimana
10. Bule-bule cewek dari Belgia yang pertama kali nyapa kita di hostel dan ternyata kita sekamar, dan mereka ramah banget ngajak ngobrol kita, dengan kita ngobrol sama mereka modal english yang 'sentolop' banget, sempet ngajakin sarapan bareng juga mau masakin mie instan pemberian dari saya
12. Tante utami, temennya ibu, yang nraktir kita makan enak waktu di Singapore. Tau aja emang kita seharian belum makan nasi cuma pagi doang makan roti dari hostel
13. Audrey, temen yang saya kenal dari Couchsurfing, yang menyempatkan waktu setelah dia pulang kerja, nraktir makan, nunjukin taman di atas Vivocity, liat cruise, liat Sentosa dari kejauhan, mau direpotin muter-muter cari sepatu, ngajak jalan ke Garden by The Bay demi bisa liat show light nya, sampe dia ngajak kami jalan jauh ke ujung Garden by The Bay karena saking pengennya dia ngajakin kita makan Satay, nganterin kita pulang naik taksi. Duh, please Audrey ini baik banget. How I can say thank you for you?
14. Dan bapak-bapak serta ibu-ibu Singaporean yang baik hati dimanapun kami berada waktu nyasar, selalu ada aja yang bantu kita

Audrey ini temen di Couchsurfing.Couchsurfing itu semacam platform untuk traveler yang mau kenal dengan local daerah yang sedang dikunjungi. Jadi, saya kenal sama si Audrey ini Desember 2017 lalu. Dia dateng ke Malang, ketemu dia waktu 31 Desember 2017. Nyempet-nyempetin meet up sama Audrey, dia bilang dia pengen ke Bromo atau ke Paralayang. Obrolan waktu ketemu Audrey nggak banyak karena saya juga diburu waktu, jadilah waktu itu saya pamit pulang duluan. Lalu, waktu mau ke Singapore, saya kontak dia. Dia bilang oke, dia mau ajak makan malem. Dannnnnn, di luar ekspetasi. Audrey ternyata baik bangettttt, sampe segitunya sama kita padahal saya cuman bilang pengen ketemu aja. Baiknya kelewatan ini mah, tapi gapapa sih, itung-itung kami hemat pengeluaran juga buat makan. Semoga rejekimu dilancarkan ya Audrey.
Audrey yang pake baju merah tua
Jadi, itu tadi sih rentetan orang-orang baik yang saya temui waktu di perjalanan kemarin. Semoga kita juga bisa jadi orang baik yah, sekecil apapun itu.